Mitos Minum Air Es Dapat Membuat Perut Buncit

Mitos Minum Air Es Dapat Membuat Perut Buncit, Apa benar minum air Es dapat membuat perut buncit?, Berikut Penjelasannya!

Mitos Minum Air Es Dapat Membuat Perut Buncit

Zyrabelly-diary.blogspot.com - Banyak banget yang bertanya kepada saya tentang hal yang satu ini, “Apakah Diet Boleh Minum Air Es?” atau “Kan Minum Air Es Setelah Makan Bisa Membuat Perut Jadi Buncit Karena Lemaknya Membeku”.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti tidak ada habisnya setiap hari di twitter saya.Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut adalah penjelasan yang detail mengenai ‘Apakah Minum Air Dingin Bisa Membuat Perut Jadi Buncit’.
Meminum air es yang berlebihan dapat menyebabkan perut buncit dan tubuh menjadi gemuk? Itu hanya sebuah mitos yang tidak benar. Berapa pun temperaturnya, dingin maupun panas, air tidak memberikan asupan energi. Sehingga, air es tidak mungkin membuat perut jadi buncit atau tubuh jadi gemuk.
Yang sangat mungkin dan biasa terjadi adalah mengonsumsi air dingin yang ditambah dengan sirop. Indra perasa (terutama untuk rasa manis) dapat ditumpulkan oleh temperatur dingin. Hal ini biasanya membuat kita menambahkan sirop lagi dan lagi untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Sirop dengan kandungan gula tinggi itulah yang sebetulnya menggemukkan.
Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan fakta menarik bahwa tubuh akan bereaksi terhadap air yang lebih dingin ke dalamnya dengan cara menetralisir suhu air agar sama dengan suhu tubuh kita yaitu 37 derajat Celsius. Dalam proses ini tubuh akan membakar kalori karena tubuh memproduksi panas dan tubuh membutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1ml air sebesar 1 derajat Celsius.
Misalnya, kita meminum 400ml air es dan badan kita harus meningkatkan suhunya dari 0 derajat Celsius ke 37 derajat Celsius, maka tubuh kita butuh membakar kalori sebesar 14,800 kalori. Atau dalam satuan Kalori yang kita biasa kenal, kita membakar 14.8 Kalori.
Kita juga dapat melihat dari sudut pandang ilmiahnya. Ketika kita minum air es, dan setelah itu kita buang air kecil. Tentu urine kita akan menjadi hangat, yang berarti tubuh akan menghangatkan air es atau air dingin yang masuk ke badan kita sebelumnya (bukan air es tersebut membekukan lemak di tubuh kita).
Jadi mulai sekarang, Anda tidak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi air es atau air dingin. Karena riset membuktikan tidak ada korelasi sama sekali antara minum air es bisa membuat buncit. Sebaliknya, minum air es ternyata membakar kalori Anda.
Share on Google Plus

About sendiq artha

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar