Tips Bersabar Menghadapi Anak Tanpa Membentak

Tips Bersabar Menghadapi Anak Tanpa Membentak, Tidak Sedikit Orang Tua Yang Hilang Kontrol Dan Membentak Anak Saat Aktif Tidak Terkendali.
zyrabelly-diary.blogspot.com - Berikut adalah tips bagi orang tua untuk bersabar menghadapi anak yang aktif dan susah untuk dikendalikan tanpa harus membentak Anak yang sudah pasti sangat buruk dampaknya bagi Anak.

Tips Bersabar Menghadapi Anak Tanpa Membentak

  • Kenali Batas Kesabaran
    Sabar mungkin tak ada batasnya. Tapi sebagai manusia biasa kadang rasanya kita ingin meledak saja saat sesuatu terjadi di luar kendali kita. Di sini pentingnya untuk bisa mengendalikan dan mengetahui batas kesabaran. Sebelum membentak, coba beri waktu 1-2 menit untuk menahannya. Tenangkan diri dan tanyakan kembali pada diri sendiri, "Apakah dengan membentak akan memberi dampak positif untuk anakku?"
  • Minta Bantuan Suami atau Orang Terdekatmu
    Kadang kita perlu bantuan untuk bisa mengendalikan emosi kita. Saat berhadapan pada situasi yang bikin kita jengkel atau ingin marah-marah, coba izinkan suami atau orang terdekat ambil kendali untuk mengatasi situasi tersebut. Kadang kalau kita sudah emosi, berpikir jernih jadi hal yang serasa mustahil untuk dilakukan.
  • Jaga Pikiran Agar Tak Gampang Stres
    Usahakan untuk selalu memiliki emosi dan pikiran yang stabil. Jangan gampang stres. Menjalani peran sebagai ibu memang tak mudah. Tapi selalu ada cara agar kita bisa mengusahakan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak yang positif. Setiap kali ada waktu luang, gunakan untuk melakukan sesuatu yang disuka.
  • Bantu Anak Belajar Memahami Emosinya
    Alih-alih membentak, menghakimi, atau menyalahkan anak, coba bimbing dan bantu ia untuk memahami emosinya. Ajak komunikasi tanpa harus menghakimi. Dengan begini, kita pun tanpa disadari juga akan belajar untuk bisa mengendalikan emosi dengan lebih baik.
Sebagai orang tua, kita tak pernah bisa berhenti belajar. Selalu saja ada hal-hal yang harus kita pelajari dari awal. Mengasuh dan mendidik anak memang butuh bekal pengetahuan yang mendalam.
Bunda, yuk kita belajar jadi orang tua yang lebih bijak lagi. Demi masa depan dan tumbuh kembang anak yang baik, kita lakukan yang terbaik juga dengan peran kita sebagai ibu.
Share on Google Plus

About sendiq artha

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar