Ini Dia Khasiat Gandum Untuk Jantung

Ini Dia Khasiat Gandum Untuk Jantung, Gandum meupakan makanan tepat bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, berikut informasi lengkapnya!

Manfaat Gandum Untuk Jantung


Menurut John Kirwan, direktur Metabolic Translational Research Center, gandum utuh bisa menjadi kunci dalam mengatur tekanan darah. Selainitu, konsumsi gandum utuh bisa jadi strategi efektif dalam menurunkan tingkat kematian akibat penyakit jantung.
"Penyakit jantung dan stroke berkaitan utama dengan kematian. Penelitian menunjukkan mengonsumi gandum utuh menurunkan risiko terkena penyakit jantung," tutur Kirwan dikutip dari Indian Express.
Dalam studinya, Kirwan dan tim melibatkan 33 partisipan yang terdiri dari 6 pria dan 27 wanita yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas. Partisipan diminta untuk melakukan diet gandum utuh dan gandum halus dalam dua periode yang berbeda, di mana satu periode memakan waktu dua minggu.
Pada awal dan akhir periode penelitian, partisipan menjalani tes metabolik selama tiga hari di klinik peneliti. Tes yang dilakukan termasuk pengukuran tekanan darah, berat badan, kadar kolesterol dalam darah, adiponektin, serta tanda inflamasi dan indeks glikemik.
Dalam laporannya di Journal of Nutrition, peneliti melaporkan terjadi penurunan tekanan darah tiga kali lipat pada partisipan yang mengonsumsi gandum utuh dibanding saat partisipan mengonsumsi gandum halus. Sementara, hasil pengukuran berat badan dan kolesterol tidak memperlihatkan perbedaan yang signifikan.
"Tingkat kontrol ini hanya terjadi dalam jumlah yang kecil. Penelitian juga tidak dapat memperoleh data empiris dari penelitian yang lebih besar. Penelitian ini menunjukkan pengaruh diet gandum utuh pada penyakit kardiovaskular," imbuh Kirwan.
Menurut Dr Sarah Schenker yang merupakan seorang ahli kesehatan jantung mengemukakan bahwa gandum merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi sebagai penuurn kolesterol dan makanan yang membantu seseorang dalam menurunkan resiko terjadinya seranga jantung.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar